Uang dan Sedekah

July 15, 2021
afi

Apakah ada kaitannya antara sedekah dengan datangnya uang?

Secara logika, ketika kita mengeluarkan uang maka uang kita akan berkurang. Tetapi tidak sama hasilnya jika dikaitkan dengan sedekah.

Sedekah adalah proses memberi kepada orang lain, di mana orang itu tidak bisa membalas kepada kita. Biasanya yang diberi adalah orang-orang yang kondisi nya dibawah kita.

Sebenarnya proses sedekah ini akan memberikan keyakinan ke dalam diri bahwa kita ini kaya. Kita ini punya lebih untuk diberikan kepada orang lain. Kita ini kondisinya lebih baik dari kondisi orang yang kita beri.

Ketika keyakinan itu tertatanam dalam diri, maka akan muncul rasa syukur. Ketika muncul syukur maka akan muncul rasa bahagia. Ketika kita bahagia maka hati kita dipenuhi dengan kedamaian. Lalu kita bisa bertindak dengan pikiran yang jernih. Ide-ide brilian berdatangan, dan eksekusi tuntas pun menjadi hal yang natural.

Seringkali ada pikiran “Ah sedekahnya nanti saja kalau sudah punya sekian rupiah”. Kalau ada pikiran seperti itu, lebih baik tidak kita ikuti. Karena pikiran itu akan memberikan kesimpulan bahwa saat ini saya tidak punya. Ada rasa cemas di sana. Ada rasa takut. Berarti saat ini saya miskin. Lalu muncul kesedihan, iri hati dan sifat-sifat jelek lainnya. Sehingga ketika melakukan action juga setengah-setengah karena diliputi keraguan. Bagaimana kalau saya gagal? Bagaimana kalau saya sudah mengeluarkan uang, tenaga, pikiran, waktu tapi kemudian tidak berhasil? Akhirnya karena diliputi kecemasan, ketakutan, kekhawatiran pastinya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Atau bahkan tidak ada hasil sama sekali.

Oleh karena itu penting sekali untuk meluangkan sedekah. Sesedikit apapun. Sedekah bisa apapun. Kalau punya uang, sisihkan sedikit. Kalau tidak punya uang, bisa waktu, pikiran maupun tenaga. Semakin kita berkontribusi terhadap orang lain, hukum alam akan membawa kembali kebaikan yang berlipat-lipat ke dalam diri kita.

Tulisan ini, adalah pengingat pada diri sendiri. Kalau berat untuk bersedekah, bisa-bisa saya sedang terjebak dalam pemikiran miskin, ketakutan, kecemasan, keragu-raguan. Solusinya: lakukan sedekah.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *