Mau jadi Soros atau Buffet ?

July 15, 2021
afi

Berkaitan dengan cara mendapatkan uang, tiap2 orang punya gaya masing-masing.

Gaya ini disesuaikan dengan bakat/personalitynya.

Misalkan gaya Buffet ini adalah tipe akumulator. Akumulator adalah orang yang menimbun aset. Begitu dia menemukan ada aset yang menurut dia akan meningkat terus maka dia akan membelinya. Setelah dibeli dan dimiliki maka aset itu tidak akan dilepaskan selama mungkin.

Orang tipe Buffet ini, bisa sebagai professional atau juga bisa sebagai pebisnis. Mereka biasanya setia terhadap satu hal. Konsisten melakukan itu terus menerus.

Ada tipe yang lain, yaitu Tipe Soros. Soros ini adalah tipe yang sensitif terhadap timing. Dia bukan orang yang suka mengumpulkan aset dan memegangnya selama-lamanya. Dia adalah tipe orang yang punya kepekaan terhadap timing. Dia tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual.

Pada suatu waktu ada yang bertanya bagaimana George Soros bisa mengetahui untuk menjual sebelum market jatuh. Dia bilang “Saya tidak tahu… Saya hanya merasakan ada sensasi di bagian belakang punggung saya. Kemudian saya punya dorongan untuk menjual.”

Orang tipe Soros ini sensitif dalam melihat peluang. Dia bisa berganti2 profesi ataupun bidang bisnis.

Yang saya ingin bagikan adalah penting untuk mengetahui tipe seperti apa diri Anda. Karena ini sangat berpengaruh dalam gaya Anda mendapatkan uang.

Kalau tipe Buffet, jangan memaksakan belajar menjadi Soros. Cukup konsisten dan pelan-pelan membangun pondasi. Jangan iri melihat orang lain mendapatkan kesukesan yang cepat.

Kalau tipe Soros, jangan berjalan pelan. Ikuti intuisi Anda dan bergeraklah cepat seiring dengan cepatnya pergerakan market. Anda punya sensitifitas dan intuisi, gunakan secepat2nya.

Namun meskipun Anda mengetahui tipe Anda sendiri dan bergerak sesuai dengan bakat Anda, jangan mengharapkan kesuksesan akan datang dengan instan. Semua perlu latihan, semua perlu pemahaman, dan semua butuh proses.

Untuk tipe Buffet, kesabaran dan analisa mendalam adalah latihan yang perlu diasah.

Untuk tipe Soros, dinamika naik dan turun adalah proses yang perlu dinikmati.

Nah saatnya sekarang berefleksi, dari pengalaman dan hasil-hasil di masa lalu. Anda lebih condong ke yang mana? Semoga bisa menjadi panduan untuk melatih skill dan mengasah bakat yang selama ini ada pada diri Anda.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *