Uang dan Dzikir.

July 13, 2021
afi

Apakah berdzikir bisa mendatangkan uang? Apakah tujuan berdzikir adalah untuk mendatangkan uang?

Saya bukan ustadz. Bahkan kalau mengenang masa lalu saya, banyak sekali dosa dan maksiat. Sekarang juga masih sering melakukan dosa. Jadi sepertinya kurang cocok kalau saya menjelaskan tentang dzikir dan agama. Jadi apapun yang saya tulis di sini, silahkan dikonfirmasi dengan ustadz yang Anda percayai. Kalau beliau berkata berbeda, kemungkinan besar beliau yg benar. Saya sendiri masih perlu banyak belajar.

Di tulisan kali ini saya ingin bercerita bahwa di barat ada teknologi yang bernama subliminal dan afirmasi. Saya coba jelaskan satu-satu ya…

Afirmasi adalah proses pengulangan sebuah kata-kata positif berkali-kali. Salah satu tokohnya yang terkenal adalah Louise Hay.

Afirmasi ini sangat efektif kalau pikiran kita seringkali dipenuhi dengan pikiran-pikiran yang negatif. Misal rasa pesimis, kurang percaya diri, mudah galau dlsb.

Dengan melakukan afirmasi, atau pengulangan kata-kata positif, maka pikiran kita pun akan mengikuti. Semacam mengarahkan kembali pikiran yang kacau dan liar. Di selaraskan dengan kata yang sama berulang-ulang. Karena pikiran adalah gelombang, dan kata-suara juga merupakan gelombang. Maka gelombang pikiran diselaraskan lagi dengan gelombang yang sama dan berulang-ulang dari kata/kalimat afirmasi yang kita ucapkan.

Ada juga subliminal. Yang menggunakan gelombang-gelombang tertentu dan diperdengarkan secara audio. Biasanya dipakai untuk orang-orang yang sulit konsentrasi atau menaikkan mood. Subliminal banyak menggunakan teknologi audio untuk mempengaruhi pikiran dan perasaan. Bahkan beberapa yang berusaha untuk mengakses pikiran-pikiran bawah sadar sehingga bisa memprogram ulang belief-belief yang sudah lama berada di dalam diri manusia.

Saya merasa ada kemiripan antara afirmasi, subliminal dan dzikir. Walaupun saya tidak mengerti 100% dimensi dzikir yang mungkin lebih dipahami oleh pak ustadz, tapi di banyak kesempatan dzikir inilah yang membereskan pikiran saya, menjernihkan mental dan memberikan ketenangan batin.

Apakah serta merta memberikan uang? tentu saja tidak. Tetapi dari pikiran yang jernih, dari hati yang tenang dan dari jiwa yang bersih kemudian bisa muncul ide-ide yang membuat saya keluar dari himpitan finansial. Tentu saja bukan berhenti di tataran ide, tetapi juga harus diwujudkan dengan tindakan. Yang menarik dari pikiran yang tenang muncul kemantapan hati untuk melakukan sebuah tindakan. Dalam pengalaman saya, kemantapan hati itulah yang sangat berharga. Ketenangan batin itulah yang sangat dinantikan oleh orang-orang. Sehingga apa yang dilakukan nanti akan bisa dinikmati. Kalau kita menikmati prosesnya maka kebingungan, ketakutan dan kekhawatiran tidak akan membayangi lagi.

Pada suatu saat saya ada dalam kondisi finansial yang sulit. Bekerja 18 jam sehari sepertinya tidak pernah cukup waktu. Mau ngerjain apapun sepertinya tidak ada hasilnya. Beberapa peluang, sedikit lagi bisa menghasilkan ternyata gagal. Sampai bingung sendiri.

Di titik itulah saya memulai sebuah ritual baru. Berdzikir di pagi hari. Hanya satu kata: alhamdulillah. Saya menyebutkan semua hal yang saya syukuri. Alhamdulillah masih diberi mata. Alhamdulillah diberikan kesehatan. Alhamdulillah diberikan kesempatan hidup hari ini. Alhamdulillah jempol saya tidak sakit. dan seterusnya. Saya coba disiplinkan pikiran saya minimal 30 menit. Kadang hingga satu jam.

Setelah dirutinkan, saya bisa bekerja dengan pikiran jernih. Saya bisa bersikap tenang. Saya kemudian bisa punya ide dan tindakan yang mantap di hati.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, memulai praktik dzikir bahkan sangat mudah. Ada momen-momen di mana saya buka youtube dan mencari dzikir yang saya sukai artinya. Di sana diulang2. Saya tinggal mendengarkan dan mengikuti. Metode ini efektif jika masih malas dzikir sendirian.

Berdasarkan pengalaman saya, ketika kondisi sedang tidak baik2 saja, justru itu kondisi yang sangat ideal untuk saya mengarahkan pikiran saya. Bisa dengan afirmasi, subliminal atau dengan dzikir.

Silahkan dicoba kalau tidak percaya 🙂

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *