Kenapa saya menulis tentang uang?

July 01, 2021
afi

Kenapa saya menulis tentang uang?

Saya menulis ini ditengah2 kondisi pandemi covid-19.
Covid-19 menyebabkan banyak sekali orang yang meninggal dunia. Yang meninggal tidak hanya yang berusia senior, tetapi yang muda2 juga banyak yang meninggal dunia.

Kematian tidak pernah pandang bulu, kalau sudah saatnya saya pun juga akan meninggal dunia. Tidak ada yang tahu kapan waktunya.

Oleh karena itu selagi masih diberikan umur, saya ingin meninggalkan sebuah catatan untuk anak saya. Anak saya ada 4 orang. Pasti nanti suatu saat mereka akan bertemu dengan yang namanya uang. Oleh dari itu saya ingin menuliskan sebuah catatan untuk mereka. Sehingga mereka punya mindset yang efektif terkait dengan uang.

Ada saat-saat di dalam hidup saya dimana saya mengalami kesulitan keuangan. Ini juga jadi catatan mengenai mindset2 yang saya temui sepanjang perjalanan saya berhubungan dengan uang.

Pastinya catatan ini tidak akan pernah selesai membahas topik ini. Ini hanyalah kontribusi kecil ditengah samudra ilmu kehidupan.

Semoga bermanfaat untuk anak2ku dan siapapun orang yang sedang kesulitan masalah uang. Sebenarnya masalah uang terletak di dua sisi. Yaitu sisi fisik dan sisi psikologis.

Pengalaman saya sendiri, sisi psikologis jauh lebih besar pengaruhnya dibanding sisi fisik.

Sisi fisik berkaitan dengan jumlah uang. Baik yang dipegang secara cash, di bank, atau dalam bentuk aset2. Sisi psikologis berkaitan dengan ketenangan dan kedamaian yang ada kaitannya dengan uang.

Tidak selalu jumlah yang sedikit membawa kesengsaraan. Tidak selalu juga jumlah yang banyak akan membawa kebahagiaan dan kedamaian. Inilah permainan dunia non materi dan dunia materi.

Yang saya temui ada orang-orang yang tidak memiliki lebih banyak dibanding saya, tetapi hidup lebih damai dan bahagia. Ada juga orang-orang yang memiliki lebih banyak dibanding saya tetapi memiliki kehidupan yang lebih kacau dan sengsara. Sehingga penting sekali memahami sisi emosional/psikologis dan juga sisi teknis berkaitan dengan uang.

(bersambung…)

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *