Bersyukurlah Masih Punya Masalah Uang.

July 15, 2021
afi

Masalah Uang adalah permasalahan yang bisa diselesaikan dengan uang. Misalkan saja mau makan, lapar, tapi tidak ada uang. Kalau ada uang maka permasalahan itu bisa diselesaikan. Contoh yang lain adalah mau bayar cicilan motor, tapi tidak ada uang, pusing kepala. Itu adalah masalah yang bisa diselesaikan dengan uang.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, solusinya simpel. Cari uang.

Permasalahannya bagaimana cari uang? Ingat rumusnya: uang adalah sebuah tanda bukti bahwa kita sudah memberi manfaat kepada orang lain. Manfaat yang orang lain hargai.

Sehingga carilah permasalahan, kemudian belajarlah untuk memecahkan permasalahan tersebut. Kalau masalahnya bisa kita selesaikan, maka kita akan diberikan imbalan berupa uang. Semakin besar permasalahan yang kita selesaikan, semakin banyak imbalan uang yang akan kita dapatkan.

Di atas kita bahas contoh-contoh permasalahan yang bisa diselesaikan dengan uang. Selain itu ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan adanya uang.

Misalkan gini…
Kita terlahir sebagai anak orang kaya.
Tentu saja kita tidak akan merasakan ingin makan, tidak ada uang, terus merasakan kelaparan. Masalah orang kaya adalah, uangnya ada. Tapi mau makan apa ya? Mau makan ini bosan… mau makan itu bosan… Akhirnya bingung sendiri tidak makan-makan. Nah ini adalah contoh masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan uang.

Baru-baru ini ada kabar bahwa anak dari milyuner di Indonesia yang terjerat kasus narkoba. Besar dugaan saya bahwa sebelum terjerat kasus tersebut, mereka mengalami permasalahan yang tidak bisa diselesaikan dengan uang: kebosanan, tujuan hidup, kebahagiaan, dlsb.

Masalah Non-Uang lebih kompleks untuk diselesaikan. Karena jawabannya lebih absurd. Lebih mengawang-awang. Masalah ini memerlukan tingkat berpikir yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Jadi syukurilah kalau sekarang kita masih merasakan masalah uang. Karena bisa jadi kalau kita diberikan masalah non-uang, kita tidak akan lulus ujian 🙂

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *