Menjadi Pembicara

June 04, 2013
Awan Rimbawan

Hari Selasa kemarin saya menjadi salah satu pembicara di acara Seminar Freelance Politeknik Bandung bersama dengan Ketua Koperasi Freelancer Indonesia: Mas Agung Dewandaru.

Di hadapan kira-kira 150 orang, Mas Agung menerangkan tentang How and What is Freelancer, sementara saya mensharing tentang How to Become Online Freelancer.

Selalu ada kepuasan tersendiri ketika saya bisa berbagi dengan banyak orang. Terutama mengenai pengalaman yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Kalau diingat-ingat ke belakang saya pernah mengisi di acara:

Saya mulai mengisi seminar/training di akhir tahun 2008. Waktu itu di hadapan Pusat Litbang Sumber Daya Air Dago Bandung (PUSAIR) tema Free Open Source Software dengan Linux Ubuntu. Audience sekitar 200 orang. Beberapa bulan kemudian (di awal 2009) saya  diundang oleh instansi yang sama, tetapi kali ini bertempat di Jogja dengan tema yang sama dan tambahan OpenOffice.

Kemudian lanjutannya adalah mengisi Training WordPress selama dua hari di Politeknik Telkom Bandung dengan audience Bapak Ibu PNS dari kelurahan2 se kabupaten Bandung. Disana saya men-share tentang bagaimana membuat situs dengan wordpress dan juga toko online dengan diasisteni oleh mahasiswa-mahasiswa Politeknik Telkom.

Tawaran selanjutnya adalah dari Institut Pertanian Bogor, seminar Multimedia dan NetPreneur. Kali ini saya berbekal amunisi dari pengalaman oDesk dan juga membuat sebuah online design company bernama 21Clouds. Sepertinya memuaskan sehingga beberapa bulan kemudian saya diundang lagi oleh IPB namun kali ini bertempat di puncak ketika ada acara outing Mahasiswa.

Ketika saya berada di Belanda, seingat saya ada 3 Event di mana saya diundang untuk sharing. Pertama di Radboud University, oleh Perkumpulan Pelajar Pelajar Indonesia Nijmegen. Kemudian di acara (Keluarga Muslim Nijmegen) KEMUNI dua kali.

Bulan April lalu saya diundang di Kapita Selekta Politeknik Telkom dengan tema Freelancepreneur. Kemudian yang paling baru kemarin di Politeknik Bandung.

Semua pengalaman tersebut adalah sebuah cara bagi saya untuk memperbaiki diri. Bagaimana caranya agar bisa menyampaikan sebuah ide dengan baik, bagaimana caranya menginspirasi orang dengan lebih baik, bagaimana caranya membuat orang dari tidak mengerti, menjadi mengerti. Dari keadaan diam, menjadi bergerak.

Dan di samping itu semua, saya belajar untuk menjadi lebih memahami diri saya sendiri. Terima kasih untuk semua kesempatan yang diberikan, semoga saya bisa berbagi dengan lebih banyak orang lagi ­čÖé

 

 

Facebook Comments

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 4 =