Bertasbih dan Bekerja Keras Untuk Allah

December 28, 2018
Awan Rimbawan

#7

وَإِذْقَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَئِكَةِ اِنِّى جَاعِلٌ فِىْ الاَرْضِ خَلِيْفَةً قَالُوْا أتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّى أَعْلَمُ مَا لاَتَعْلَمُوْنَ {البقرة: 30}.

“Dan ingatlah tatkala Tuhanmu berkata kepada para Malaikat:’Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi . Mereka bekata:’Mengapa Engkau hendak menjadikan (Khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman:”Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui ” (QS.Al-Baqarah: 30).

Ada ulama yg menafsirkan ayat tersebut sebagai berikut:

Malaikat menyangka bahwa manusia akan berbuat kerusakan dan menumpahkan darah.

Dibandingkan dengan malaikat yang senantiasa bertasbih dan memuji Allah.

Kata bertasbih dan memuji Allah itu bukan berarti duduk dan mengucapkan Subhanallah berulang2.

Tetapi malaikat senantiasa menuruti perintah Allah, bekerja siang dan malam sesuai perintah Allah.

Kalau lawan dari kata merusak adalah merawat… Maka yang malaikat lakukan adalah merawat alam semesta ini dengan baik sesuai dengan perintah Allah.

Maka jika manusia diperintahkan untuk bertasbih dalam surah An Nasr ayat 3:

(3). فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚإِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا
fasabbih bihamdi rabbika wastaghfirhu innahu kaana tawwaabaa (maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.)

Maka bukan hanya berarti hanya duduk sepanjang hari mengucapkan Subhanallah berulang kali tetapi justru harus ditambah dengan bergerak, berusaha, bekerja keras, berpikir dan memanfaatkan akal, sehingga bisa memberikan manfaat bagi alam semesta. Dengan diniatkan untuk Allah.

Bertasbih, memuji Allah dan memohon ampunan bukan hanya bisa dilakukan sambil duduk diam… Tetapi terutama dilakukan secara aktif dalam pekerjaan yang kita lakukan.

Wallahu ‘alam bishowab.

Selamat weekend brother/sister, aku doakan bisa terus semangat bekerja dan berbuat kebaikan untuk mengharap ridho Allah 

Facebook Comments