Cara Menghapuskan Dosa

December 27, 2018
Awan Rimbawan

#6

Semua doa pasti dikabulkan oleh Allah.

Namun sayangnya doa itu terhalang oleh dosa2 dan maksiat.

Bagaikan gelas, air akan mudah sekali masuk jika tidak ada tutupnya.

Namun jika ada tutupnya, maka air tidak akan bisa masuk walaupun air terus menerus dituangkan.

Jadi kalau kita mendapati:

  • hati galau terus menerus
  • pikiran bingung kesana kemari
  • berbagai usaha dilakukan tapi tidak ada hasilnya
  • sakit datang silih berganti
  • rezeki terasa seret
  • sudah berdoa tetapi tidak kunjung selesai…

Besar kemungkinan semua itu diundang oleh dosa dan maksiat yang kita pernah lakukan.

Nah terus gimana dong kalau seperti saya yg terlanjur banyak melakukan dosa dan maksiat?

Dalam sebuah kajian, saya mendengar bahwa dosa dan maksiat bisa dihapuskan dengan 4 cara:

  1. Bertaubat
  2. Berbuat baik
  3. Sabar dalam ujian kesulitan
  4. Dibayar di akhirat

Bertaubat bisa dilakukan dengan banyak-banyak membaca istighfar, mohon ampunan kepada Allah dan menyesali dosa-dosa yang pernah diperbuat. Kemudian bersungguh-sungguh mencari cara dan strategi untuk tidak mengulanginya lagi. Bisa juga dengan memperbanyak sholat taubat.

Berbuat baik bisa dilakukan dengan bersedekah, meningkatkan ibadah, ikut serta dalam project-project kebaikan. Bisa juga dengan mengajak orang lain kepada kebaikan.

Dosa dan maksiat akan mengundang berbagai ujian kesulitan. Sakit yg datang silih berganti, usaha yg tidak kunjung membuahkan hasil, kesialan dan kehilangan barang-barang, dlsb. Namun itu pun hadir karena kasih sayang Allah. Allah ingin memanggil kita untuk menjauhi dosa dan mendekat kepadaNya. Jika kita sabar dalam menghadapi berbagai ujian itu dan berprasangka baik kepada Allah maka hal itu bisa menggugurkan dosa-dosa kita.

Ketiga hal di atas bisa dilakukan di dunia. Namun jika kita tidak juga melakukannya, maka pilihannya adalah dibayar di akhirat. Dibakar di neraka. Itupun karena kasih sayang Allah. Allah menunjukkan bahwa Dia menciptakan neraka agar kita tidak berbuat dosa dan maksiat di dunia. Karena dosa dan maksiat akan membuat hidup di dunia sulit dan menderita. Allah ingin ciptaanNya selamat di dunia dan akhirat.

Saya menulis ini bukan untuk mengajari siapapun. Tetapi agar menjadi catatan dan pengingat bagi diri saya yang telah banyak melakukan dosa dan maksiat. Semoga saya bisa melakukan 3 hal yg awal, sebelum waktu saya habis dan harus membayarnya di akhirat.

Saya juga mendoakan bro/sist semuanya… agar selalu diberi hidayah oleh Allah… hidup bahagia penuh kedamaian di dunia dan selamat sejahtera di akhirat…

Semoga kita bisa memanfaatkan kesempatan hidup di hari ini, Jumat barokah 🙂

Facebook Comments