Tipe Peledak Tabungan

June 28, 2021
afi

TIPE PELEDAK TABUNGAN
(Serial Happy Money Part 12)

Tipe Peledak Tabungan ini sebenarnya adalah gabungan dari dua THK (Tipe Hemat Kebangetan) dan TGB (Tipe Gila Belanja)

Pola emosional dalam hubungannya dengan uang adalah dia akan berhemat dan menabung… hingga pada suatu titik ada sebuah trigger dimana dia perlu membelanjakan uang itu semuanya.

Tipe Peledak Tabungan ini selalu mengalami siklus itu. Sehingga dia tidak akan pernah punya tabungan untuk emergency.

Tabungannya selalu meledak untuk sebuah barang yang nilainya besar. Kalaupun bukan untuk belanja, ada situasi hidup yg mengakibatkan dia kehilangan uang yang dia tabung. Hal ini terjadi berulang-ulang dalam pola yang hanya bisa disadari dengan refleksi.

Biasanya TPT ini punya alam bawah sadar yang merasa bahwa dia tidak merasa pantas memiliki uang sebesar itu. Sehingga harus dihabiskan.

Ada juga yang memiliki keyakinan bahwa dia selama ini sudah menderita dalam menabung dan berhemat. Wajar sekali kalau sekarang saatnya menikmati uang tersebut.

Sayangnya semahal dan sebagus apapun barang yang dia beli, dia tidak akan pernah bisa puas. Bahkan seringkali TPT ini merasa menyesal setelah membelinya. Yang kemudian membawa dia untuk bekerja lebih keras, menabung dan berhemat lebih ketat, untuk kemudian merasa menderita dan berhak untuk menikmati uang itu, lalu meledakkan tabungannya kembali.

Bahkan barang2 yang dia beli sebenarnya tidak sepenting itu untuk digunakan. Barang2 yang sudah dibeli malah seringkali hanya sebentar untuk digunakan untuk kemudian terongok begitu saja. Contohnya seperti sepatu lari mahal yang tidak pernah dipakai untuk berlari. Sepeda terbaru yang hanya dipakai beberapa kali saja, dan contoh2 lainnya.

Karena sebenarnya TPT ini bukan membeli karena kebutuhan, tetapi membeli karena pola emosional nya sendiri bahwa dia harus membelanjakan uang yang sudah dia tabung.

Mungkin ada teman/keluarga yang Anda kenali sebagai Tipe Peledak Tabungan?

(bersambung ke bagian 13…)

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *