Uang sebagai Alat vs Uang sebagai Tujuan

June 10, 2021
afi

Sebelumnya saya berpikir bahwa tindakan saya adalah untuk mendapatkan uang. Uang adalah tujuan.

Namun kemudian setelah saya mendapatkan uang dan menggunakannya untuk apa yang saya inginkan saya jadi kebingungan sendiri. Karena kesenangan mendapatkan yang saya inginkan itu tidak bertahan lama.
Nantinya saya harus bekerja lagi untuk mendapatkan uang. Lalu uang itu saya pakai untuk hal2 yang menyenangkan. Kesenangannya sebentar juga hilang. Begitu terus berputar-putar seterusnya.

Saya merasa seperti tikus yang lari di tempat. Di dalam sebuah roda yang berputar. Mungkin istilah yang tepat adalah Rat-Race. Tikus yang berlomba-lomba tapi tidak kemana-mana. Di situ2 aja.

Ada kacamata yang lain. Uang adalah alat, bukan tujuan. Kalau alat, berarti perlu dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Karena hanya sebagai alat, maka jangan sampai dijadikan tujuan. Tujuannya lah yang perlu dicapai, alatnya mah bebas. Bahkan tidak harus pakai alat yang ada di pikiran.
Pakai alat yang lain juga bisa, asalkan tujuannya sama dan tercapai.

Misalkan ada orang yang pengen kaya, tujuannya nanti biar bisa santai nongkrong di sawah sambil pakai sarung dan ngerokok. Kalau tujuannya itu, ya ga usah harus kerja keras buat kaya. Sekarang juga bisa 🙂

Ada juga cerita tentang nelayan yang ketemu pengusaha dari kota besar. Ada pengusaha itu jalan2 di siang hari di pantai. Ketemu nelayan yang lagi santai2 juga di pantai.

Terus pengusaha ini bilang… Pak, jam segini sudah selesai?
Iya pak, saya kerja cuman 4 jam. Habis itu santai di pantai, main sama anak2, becanda2 sama istri.

Oh ya, memang kalau 4 jam dapat berapa pak?

Dapat 40 ribu.

Mau tidak pak, saya bantu.. Saya bikinkan proposal, nanti bapak presentasi di depan investor. Terus nanti bapak dapat uang, punya banyak kapal. Nanti bapak bisa dapat 100x lebih banyak dari sekarang.

Buat apa pak?

Biar bapak bisa santai di pantai, main sama anak2, jalan2 sama istri.

Nah sekarang kan saya udah bisa pak? 😀

Jadi penting sekali untuk tahu bahwa uang itu hanya alat, untuk mencapai tujuan. Kalau tidak nanti kebingungan. Alatnya sudah dapat, tujuannya tidak tahu buat apa…

Uang adalah alat. Uang hanya bisa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan…uang… Selain masalah yg berkaitan dengan uang, ada banyak masalah dalam kehidupan ini… Karena masalah2 itu adalah cara Tuhan agar membuat kehidupan kita berkembang dan tidak monoton.

Money only can solve specific problem: Money Problem
Money problem is just one of many problems that exist in the world.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *