Craftmanship Mindset

June 08, 2013
Awan Rimbawan

Saya pertama kali mengenal kata-kata ini di buku Robert Greene – Mastery

Kemudian saya selanjutnya di buku Cal Newport – So Good They Can’t Ignore You: Why Skills Trump Passion in the Quest for Work You Love

Kedua buku itu ikut berkontribusi dalam pemikiran saya, yaitu the love of creating and dealing with difficulties.

Buku Robert Greene banyak menceritakan kisah-kisah tentang orang-orang hebat dan dedikasi yang mereka berikan terhadap skill mereka. Contohnya Charles Darwin, dia menghabiskan puluhan tahun untuk akhirnya bisa menciptakan sebuah teori. Mozart juga seperti itu. Penuturannya menarik karena menceritakan perjalanan dari Apprenticeship hingga Mastery.

Buku Cal Newport mengambil sudut pandang berbeda. Dia memberikan proposisi bahwa “Instead of finding the right job, it’s better to do the job right”.

Kemudian perbedaan antara Passion mindset vs Craftmanship mindset. Passion mindset berfokus pada pertanyaan “Apa yang dunia bisa berikan pada saya?” mungkin kebahagiaan dalam melakukan sesuatu. Sedangkan Craftmanship berfokus pada “Apa yang bisa saya ciptakan untuk dunia?”

Saya teringat sebuah kisah di buku itu tentang Steve Jobs. Masa muda Steve Jobs adalah penuh pencarian. Dia mencoba banyak hal dan akhirnya tertarik kepada spiritual dan pernah berkelana sampai india untuk mencari guru spiritual. Cal berpendapat, jika Steve Jobs mengikuti passionnya mungkin dia adalah seorang tokoh spiritual pada akhir hidupnya. Tetapi pada akhir hidupnya dia menjadi seorang teknolog.

Saya pernah ada dalam situasi yang tidak mengenakkan. Yaitu selalu dalam pertanyaan “Apa passion saya” ? Kedua buku ini ikut berkontribusi dalam mengakhiri kebingungan saya dengan menawarkan mindset baru. Craftmanship Mindset.

ps: one great book leads to another one, after these books I have met other inspiring book from Derek Sivers which featured on Cal books.

Facebook Comments

2 Comments. Leave new

kak, boleh tau bukunya Cal Newport di atas beli dimana ya? di gramedia ada? Thanks 🙂

Reply
Awan Rimbawan
March 11, 2014 10:25 pm

Kurang tahu juga apakah sudah sampai gramedia. Tapi kalau mau cepat di Amazon ada juga versi Kindle nya.
Goodluck!

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 6 =