Training For Mentor Untuk Pendampingan Wirausaha SMK

September 30, 2016
Awan Rimbawan

Alhamdulillah acara Training For Mentor untuk Kegiatan Wirausaha di SMK telah selesai.
Acara ini diadakan 2 hari (28-29 September) di Hotel Oak Bandung.
Sukses terselenggara berkat kerja sama antara TDA Bandung, Save The Children dan 6 SMK di Bandung Raya yaitu:
1. SMK BPPI Baleendah
2. SMK Pelita
3. SMK PGRI 3 Cimahi
4. SMK Profita
5. SMKN 3 Baleendah
6. SMKN 3 Cimahi

Tujuan diadakannya acara ini adalah karena adanya masalah-masalah yang ditemui di SMK terkait lulusannya.

Yang pertama, hampir sebagian besar lulusan SMK selalu berpikir untuk mencari kerja. Sementara penyerapan dari industri, tidak sama dengan jumlah lulusan. Bahkan ada SMK yang lulusannya rata-rata hanya 40% yang berhasil diterima kerja. Sebagian besar sisanya menjadi pengangguran, dan prosentase sangat kecil yang melanjutkan.

Lulusan yang diterima kerja kemudian masuk perusahaan untuk kontrak 1-2 tahun. Namun setelah itu, kontrak mereka tidak dilanjutkan karena pekerjaannya bisa digantikan oleh adik kelasnya yang juga baru lulus. Perusahaan tentunya lebih memilih yang baru lulus karena lebih cost effective dibanding harus menaikkan gaji karyawan kontrak untuk melakukan pekerjaan yang sama. Sehingga terciptalah pengangguran-pengangguran baru.

Masalah berikutnya adalah anak-anak ini pintar dalam membuat produk atau jasa, namun tidak tahu cara pemasarannya. Menurut penuturan beberapa guru bahkan ada sejak kelas satu mereka sudah ada yang bisa membuat produk makanan inovatif, menjahit baju sendiri, produk teknologi seperti power bank dll. Juga pemahaman bahwa untuk memulai usaha, bagaimana modalnya? begitu yang ada di benak mereka.

Kondisi seperti ini diharapkan bisa dikurangi jika ada program yang memperkenalkan kewirausahaan pada siswa SMK sehingga mereka punya pandangan alternatif setelah lulus.

Training for Mentor kemarin dihadiri oleh Bapak/ibu guru SMK dan calon mentor dari TDA Bandung.
Saya pribadi sangat surprise dengan antusiasme dari Bapak/ibu guru. Beliau beliau ini sangat bersemangat mengikuti materi demi materi. Diskusi kelompok juga sangat hidup apalagi ketika membahas bagaimana membuat presentasi materi bisnis yang rumit menjadi menarik untuk anak2 SMK, dilengkapi dengan ice breaking dan game-game simulasinya.

Ada Pak Ade dari SMK Bale Endah dengan pemaparan kondisi wirausaha di sana, Bu Martha dari SMKN 3 Cimahi dengan celetukan-celetukan cerianya, Pak Arif dari SMK Pelita yang banyak mengusulkan hal-hal yang positif, dan guru-guru lainnya yang berpartisipasi aktif sepanjang kegiatan.

Sepertinya beliau-beliau ini di drive oleh motivasi yang kuat untuk melihat siswa2nya maju. Beberapa guru walaupun sudah terlihat senior, tetapi sangat fasih dalam menceritakan kondisi permasalahan yang ada dan apa yang telah beliau lakukan selama ini di SMK tempat bekerja. Bahkan ketika kadang harus mengeluarkan dana dari kantung sendiri karena belum ada dukungan resmi dari sekolah dan mencurahkan waktu tambahan di luar jam kerja.

Calon-calon mentor baru dari temen2 TDA juga tidak kalah bersemangat. Baru minggu lalu TDA Bandung melantik Registered Member di acara TDA Camp. Dan sepertinya event tersebut benar-benar sukses menggelorakan motivasi untuk maju, berbagi dan menebar rahmat bersama-sama . Terbukti temen2 Registered Member TDA mau keluar dari rutinitas mereka. Yang biasanya hanya mengurusi bisnis dan berpikir untuk diri sendiri, kemudian mau meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk membantu adik2 SMK. Ditambah lagi, bersedia membuang malu dan grogi untuk belajar berbicara di depan umum ala trainer motivasi. Belum sempurna tentunya karena tidak terbiasa, akan tetapi keberanian untuk melangkah dari wilayah aman merupakan bukti kualitas seorang pejuang.

Ada Kang Bondbond dengan tag line “ya nggak ya”, Kang Prada yang jualan aqua dan ditempelin post it di sekujur badan sepanjang presentasi, Kang Rona yang memaparkan tentang sesi kreativitas, Kang Miftah yang bercerita tentang jualan alat2 rumah tangga tanpa punya toko dan barang tapi bisa beromset 500jt/bln, dan penampilan-penampilan fenomenal lainnya.

Setelah berakhirnya program Training For Mentor 2 hari kemarin, maka akan dilanjutkan dengan Workshop/Seminar kewirausahaan di SMK masing2. Target peserta untuk workshop/seminar ini adalah 100 orang di tiap-tiap SMK. Setelah usai Workshop/Seminar tersebut, maka akan dilanjutkan dengan pembentukan Klub Wirausaha yang akan dimentoring oleh teman2 TDA selama 8 kali pertemuan.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi bapak/ibu guru SMK yang telah hadir di acara kemarin juga rekan2 TDA semuanya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi awal yang baik untuk rangkaian acara yang akan datang. Terutama menjadi amal ibadah kita untuk bersama menebar rahmat dan memunculkan potensi2 pemuda pemudi SMK yang berjaya. Sampai jumpa di event lanjutannya.

Facebook Comments

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =