Seri Happy Money 7

June 22, 2021
afi

Seri Happy Money 7

Menurut Ken Honda, hubungan seseorang terhadap uang menciptakan pola-pola tertentu. Berdasarkan pola-pola ini, dia membagi menjadi beberapa tipe.

Pada tulisan ini kita akan membahas tentang tipe yang pertama yaitu Tipe Hemat Kebangetan.

1. Tipe Hemat Kebangetan (THK)
Orang dengan tipe ini suka sekali berhemat dan menabung. Mereka percaya bahwa berhemat dan menabung adalah jalan terbaik untuk mendapatkan keamanan di dalam hidup. Ketika melihat tabungannya nambah, senangnya bukan main. Biasanya orangnya bergaya hidup sangat hemat. Suka pergi ke toko-toko yang memberikan diskon dan pengehematan dalam berbelanja. Ketika mau belanja juga riset detail banget untuk mendapatkan harga paling murah.

Namun tipe ini jika keterusan malah menjadikan kemewahan dan kenyamanan sebagai musuh abadi.

Bahkan ada rasa bersalah yang terasa di hati mereka ketika mereka menikmati uang yang mereka kumpulkan. Akhirnya mereka menabung dan berhemat lagi.

Mereka lupa bahwa tujuan berhemat dan menabung adalah untuk dinikmati di kemudian hari, bukan untuk terus2an hidup seperti itu selamanya.

Biasanya tipe ini punya trauma masa lalu terutama saat mereka kecil. Seringkali mereka tumbuh di rumah yang sangat sulit kehidupan ekonominya. Ada juga yang mengalami kebangkrutan orang tuanya. Bahkan kebangkrutan kakek/neneknya di masa lalu juga bisa mentransfer rasa takut kepada generasi-generasi selanjutnya jika tidak disadari. Menjadikan rasa takut kekurangan uang menemani hari-hari mereka. Seringkali tipe ini tidak menyadarinya. Mereka menganggap bahwa alasan mereka menabung dan berhemat terus menerus adalah sesuatu yang benar. Tanpa menyadari bahwa rasa takut menyelimuti hidup mereka dan mengontrol semua keputusan finansial mereka.

Tipe Hemat Kebangetan ini sebenarnya mempunyai sebuah kesempatan untuk menghadapi kecemasan atau ketakutan tentang uang. Jika mau menengok lebih dalam akan bisa menyadari kapan hal ini mulai ditanamkan.

Karena tidak peduli berapa banyak uang yang dihemat dan ditabung sesungguhnya jumlah itu tidak akan pernah bisa menghilangkan rasa takut kekurangan uang.

Apakah kamu kenal orang yg masuk ke dalam Tipe Hemat Kebangetan ini?

(bersambung…)

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *