Semuanya diawali dari mindset: Mas TF

March 11, 2019
Awan Rimbawan
TDA

Assalamualaikum para suhu dan rekan2 seperdjoeangan…

Kalau hari Jumat lalu saya ketemu dengan Ketua TDA Solo, hari Sabtu nya saya sudah meluncur ke Jakarta untuk bertemu dengan salah satu kawan baru. Kawan baru ini, sebut saja namanya Mas TF.

Mas TF umurnya masih muda. Baru 30tahun. Beliau seorang apoteker yang kemudian berkarir di salah satu perusahaan kosmetik Indonesia. Di perusahaan itu Mas TF memberikan performance maksimal. Beliau membantu membesarkan omset perusahaan. Dari cuman kisaran beberapa juta sebulan, sampai beromset milyaran dalam sebulan.

Puncak gajinya pada saat itu, hampir 150 juta sebulan. Tetapi kemudian dia memutuskan resign dan memulai usaha.

Berat, pahit dan susah. Tetapi fast forward beberapa tahun kemudian… inilah yg terjadi…

Hari ini beruntung sekali saya bisa berkunjung di pabrik miliknya yang ada di beberapa lokasi di Bogor. Bisnisnya menguasai dari hulu ke hilir. Ada pabrik yang menyediakan makloon, ada brand tersendiri, bahkan ada klinik dan juga apotik.

Bocoran total omset dari perusahaan yg dimilikinya ada di angka ratusan M per tahun. Itu semua dicapai dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Terkadang ketika mendengar cerita di atas, kita hanya mendengar versi singkatnya saja. Namun… jika dikupas lebih jauh lagi, ternyata sebelumnya beliau ini mengalami tahun2 yang penuh perjuangan. Yang tentunya tidak akan bisa tergambarkan dengan ringkasan singkat cerita satu dua hari saja.

Yang saya pelajari adalah, semua orang besar pernah mengalami apa yang saat ini kita alami.

Kesulitan, kesedihan, rasa frustrasi, kebimbangan, galau, mentok ga tau mau melakukan apa.

Namun Mas TF mengatakan 2 kunci yg saya coba rekam:

Kunci yg 1. “Masalah dalam hubungan dengan manusia akan bisa terurai setelah kita memperbaiki hubungan dengan Tuhan”
Ini membuat saya bertanya2… kalau saya mengeluhkan tentang tim saya… bukankah itu juga masalah hubungan dengan manusia? Kalau saya mengeluhkan tentang sales dan marketing, itu juga masalah hubungan dengan manusia. Kata-kata Mas TF mengingatkan saya untuk kembali ke basic. Memperbaiki apa yang sering saya lupakan dan sering saya abaikan. Back to fundamental connection.

Kunci yg ke 2: Semuanya berawal dari mindset. Teknik akan mengikuti mindset. Kalau mindsetnya berpikir besar, maka teknik pun akan menyesuaikan untuk menjadi besar.

Saat ini perusahaan Mas TF mempunya 8000 mitra yang membantunya mencapai omset ratusan milyar per tahun. Sistem di dalam perusahaannya juga memungkinkan orang2 yang mau berjuang untuk mendapatkan kesejahteraan. Banyak dari mitra ini yg mendapatkan ratusan juta per bulan. Bukan, ini bukan mlm. Ini murni dagang yang berusaha menghadirkan produk yg berkualitas ke market dan mengajak orang2 yg mau bekerja sama untuk berkembang.

Saya pun teringat, salah satu wejangan dari seorang Guru. Peran kamu sekarang adalah sebagai pengusaha. Sebaik-baik peran pengusaha bukanlah untuk memperkaya diri sendiri, tetapi untuk membagikan kesejahteraan kepada sebanyak mungkin orang. Untuk bisa menghadirkan produk/jasa terbaik yg meningkatkan kualitas hidup sebanyak mungkin orang. Untuk bisa menghadirkan solusi yang mempermudah hidup sebanyak mungkin orang.

Dan semua dimulai dari mindset.

Saya pun terpekur…
Ingatan saya melayang kepada seseorang di TDA yang mengisahkan kepada saya tentang mindset. Tentang daya juang dan ketahanan menghadapi berbagai macam masalah usaha. Beliau bernama Ruliyanto. Lulusan informatika ITB yang sukses berbisnis katering wedding.

Ah saya pun mengangenkan perjumpaan dengan beliau, yang syukurnya bisa terobati beberapa malam lagi.

Kamasutra…Kamis Malam Semua Terserah Anda. 14 Maret 2019
Start 18:30 sampe Tuntas
Lokasi di Truno58

*Ditulis 23:00 di kereta Argo Parahyangan kelas ekonomi. Meluncur menuju Bandung kota penuh cinta yang tak pernah bisa kutinggalkan…

Facebook Comments