RKB Ulum

April 13, 2018
Awan Rimbawan
TDA

Marketing selalu menjadi bahasan menarik.
Karena salah satu pilar bisnis ini biasanya gerbang awal menuju sales.

Kemarin ini di acara RKB TDA Bandung, kita belajar bersama tentang FB Ads.
Pematerinya adalah salah satu high quality suhu yang sudah bergelut di dunia ini sejak 2016: Kang Ulum.

Kerja kerasnya di dunia digital advertising ini membuahkan hasil yang manis.
Saya seringkali mendapati beliau malam2 dini hari masih ngulik beginian, di mana orang2 lain masih terlelap tidur.
Seorang pembelajar dan pejuang yang patut dicontoh (y) (y)
Saat ini beliau punya 2 tim di Jambi dan di Bandung dengan belasan karyawan.
Fokusnya pada memasarkan brand sendiri (Batik Zallatra) sambil di waktu yg sama juga membantu memasarkan brand orang lain.

Yang menarik dari pemaparan Kang Ulum adalah fundamental dalam beriklan di facebook.
Ini yang biasanya terlewat di dalam training2 marketing.
Karena jika fundamentalnya belum siap, maka seberapapun efektif teknik marketingnya akan sia2.

Fundamental dalam beriklan ini meliputi:
– Value of product. Seberapa besar manfaat dari produk yang kita jual, atau seberapa besar solusi yang ditawarkan dari produk tersebut.
– Copywriting. Yaitu cara untuk mengkomunikasikan value product kita kepada audience. Karena value yang tidak dikomunikasikan, akan gagal untuk ditangkap oleh customer. Ujung2nya ga jadi beli deh 😀
– Targeting. Targeting adalah bagaimana cara kita membagi2 market. Karena tidak ada produk yang ditujukan untuk semua orang. Kalau produk ditujukan untuk semua orang, maka valuenya akan sangat kecil sekali.
– Customer Service. Ini adalah komponen sales. Kalau CS/admin kita tidak bisa closing, maka seberapapun orang yang didatangkan dengan usaha marketing, akan sia-sia.

Setelah mensharingkan fundamentalnya, Kang Ulum membagikan tentang pengetahuan dashboard facebook. Bagaimana struktur iklan di dalam dashboard facebook yaitu Campaign, Adsets dan Ads. Dilengkapi dengan bagaimana cara dasar untuk mulai beriklan.

Berbagai fitur facebook advertising dijelaskan dengan lugas oleh Kang Ulum. Misalnya fitur include, suggestion dan exclude. Misalnya kita jualan fashion untuk kalangan menengah. Kita bisa mentargetkan orang-orang di facebook yang suka brand competitor kita. Misal Zara. Setelah ketemu brand competitor, facebook bisa memberikan saran brand2 yang lain. Lalu kita juga bisa mengeluarkan orang-orang tertentu. Misalnya kita bisa tidak menayangkan ke orang-orang yang suka Tokopedia / Shopee. Karena karakteristik marketnya tidak sesuai dengan yang suka brand Zara. Penyuka toped value nya di harga murah, penyuka brand Zara menyukai eksklusivitas dan brand.

Sesi bersama Kang Ulum ini sangat membuka mindset buat orang yang baru awal-awal beriklan, maupun sudah beriklan namun tidak closing-closing.
Mangga silahkan…buat yang gak sempet datang tetapi kepo buat liat2 slidenya bisa di download di sini http://bit.ly/2v35PFy

Moga2 nanti ada sesi lanjutannya biar lebih mantep lagi dan seperti Kang Ulum 😀

NB:
Jangan lupa tanggal 21 April nanti ada acara keren buangett yaitu MoslemPreneur.
Acara ini ditargetkan untuk para member komunitas TDA yang banyak
Buat yang pengen cari reseller, mengenalkan bisnis, atau membuka peluang kerja sama, masih terbuka kesempatan buat buka booth loh.
Buruan kontak panitia sebelum keabisan tempatnya.

Salam,
Div. EPIK (Edukasi dan Peningkatan Kapasitas Anggota)
TDA Bandung

Facebook Comments