Cara melatih Being

September 14, 2017
Awan Rimbawan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam hormat buat para suhu dan temen2 seperjuangan 🙏🙏🙏

Mohon izin untuk mereshare materi daging dari my good friend Adhe Alfan Nafi.

Dia adalah Kadiv Epik (edukasi dan pengembangan ilmu serta kapasitas) TDA Jaksel.

Sedikit perkenalan, dia adalah lulusan STAN yang sudah punya pekerjaan yang nyaman namun “nekat” untuk resign dan memulai bisnis.

Sempat mendapatkan pertentangan dari orang tua, tetapi setelah sama2 meminta petunjuk dari Allah maka dimantapkan untuk memilih jalan bisnis.

Awalnya berbisnis adsense… sempat punya team untuk mengeruk dollar, namun kemudian omsetnya turun. Tidak menyerah, dia kemudian beralih mengembangkan bisnis olshop peralatan bayi AdoraBabyShop.com sampai dengan sekarang.

Saat ini fokus mengembangkan produk brand sendiri bernama LactaTea.com Asi Booster. Omset dari sini…saya nggak bisa bilang…tp yang pasti bikin 🤑🤑🤑🤑

Saya mengenal dia sebagai pribadi pembelajar. Dari dia saya banyak belajar bagaimana mengimplementasikan spiritual speed reading, mindmap, 4dx dan ilmu2 lain yang bermanfaat buat bisnis dan kehidupan.

Nah kali ini saya ingin mensharingkan tulisan dia tentang “being”

Being adalah elemen penting yang menentukan bagaimana orang bertindak.

Sebuah pedang tajam yang diayunkan dengan being asal2an akan mempunyai dampak berbeda dengan pedang tumpul yang diayunkan dengan being seorang master.

Ini juga jadi salah satu jawaban, mengapa sebuah teknik ampuh tidak bisa jalan oleh sebagian besar orang, tetapi sukses dijalankan oleh segelintir orang.

Tekniknya sama, being nya yang berbeda.

Because it’s not about the gun, it’s about the man behind the gun.

Jadi jika bertemu orang yang sering berganti2 teknik, berganti2 bisnis, berganti2 metode namun belum membuahkan hasil yg diinginkan… siapa tahu yang salah bukan teknik/metode/bisnis nya tetapi bisa dicek bagian being nya.

Pertanyaannya bagaimana melatih being kita, sehingga bisa jadi powerful?

Di bawah akan saya share tulisan Adhe Alfan Nafi tentang “Cara melatih being”

Jika ada yang mau ditanyakan, nanti bisa via facebook nya: https://www.facebook.com/adhealfannafi
atau bisa juga lewat ane, nanti ane bantu confirm ke dia.

*Terselenggara berkat kolaborasi Epik TDA Bandung & Jaksel
*Pesan sponsor… jangan lupa tahajudnya… 🙂

—————

Awan Rimbawan:
Bismillahirrahmanirrahim…

Cara ngelatih BEING
by Adhe Alfan Nafi

Betapa pentingnya memiliki Being yang terbaik. Bahwa jika beingnya bagus, maka hidupnya juga akan bagus. Bukan cuma tentang usaha, atau pribadi, atau keluarga saja. Tapi Being ini mempengaruhi semua aspek dalam hidup kita. SEKALI LAGI, SEMUA ASPEK DALAM HIDUP KITA.

Bahkan setelah mati pun, Being kita bakal terus ada efeknya (legacy kita ke anak cucu, masyarakat n bangsa, dan bahkan juga hisab kita nanti di akhirat)

Nah, sekarang kita bakal belajar gimana sih cara latihan Being?

Being manusia aku bagi jadi 3 bagian: tubuh, pikiran, emosi.
3 hal ini yang menurutku membedakan tingkat efektivitas tiap manusia.
Physically + intellectually + emotionally.

Nah, 3 hal itu lah yg kita latih tiap hari supaya terus meningkat.
Spiritual aku masukin ke emosional + intelektual…

Tubuh dilatih dengan cara olahraga (bermacam macam jenis olahraga), martial arts, puasa, makan makanan sehat, meditasi, polyphasic (efisiensi tidur), dansa, yoga, dll.

Pikiran dilatih dengan cara belajar skill baru (hard skill, soft skill), meditasi (meditasi menurutku lebih ke latihan pikiran drpd latihan tubuh), visualisasi, membaca buku, bekerja keras, tahfidz Qur’an, dll.

Ikut KMB dengan baik, juga bentuk latihan pikiran… Latihan bikin plan yg baik, strategi yg baik…

Emosi / hati dilatih dengan mengokohkan sifat sifat baik, menghilangkan sifat sifat buruk (biasanya kecanduan. Kecanduan makan, kecanduan main hape, kecanduan sosmed, kecanduan lawan jenis, dll), dan dengan ibadah.

Misal: latihan disiplin waktu, latihan tanggung jawab, latihan volunteer (jadi pengurus tda Jaksel?), Latihan manajemen waktu, latihan positive thinking, latihan sholat tahajud setiap hari, latihan sholat tepat waktu n berjama’ah, latihan sedekah setiap hari, dll.
Banyak hal yg bisa dilakukan tuk melatih Being kita.
N setiap kita melatih salah satu dari 3 aspek itu, sebetulnya kita juga melatih aspek yg lain.

Coz satu sama lain saling mendukung n saling mempengaruhi.

Kalau teman teman latihan tubuh, maka pikiran/otak bakal jadi lebih encer/cerdas, n emosi bakal lebih tenang n happy…
dan begitu juga sebaliknya dengan latihan pikiran n emosi… akan mempengaruhi aspek Being lainnya…

Ini based on experience ku… jadi cara ku blm tentu works buat teman teman semua. Yang perlu dipelajari disini adalah prinsip prinsipnya saja… ambil yang baik n kira kira berguna.

Aku akan list satu demi satu pokok ide yg ku pikir ngaruh ke cara melatih Being supaya konsisten.

The past does not equal the future.
Keyakinan keyakinan yang tidak memberdayakan dari masa lalu, ganti dengan keyakinan keyakinan yang memberdayakan. Kalau anda dulu gagal, belum tentu di masa depan bakal gagal juga. Asal terus mencoba yakin pasti bakal dapet apa yg di inginkan.

Mulai dari target kecil dulu.
Yang penting konsisten. Ingat cerita tentang cara teman latihan polyphasic? Dimana dia ngurangin tidur dimulai dari 5 menit dulu sampai terbiasa, lanjut ke 15 menit sampai terbiasa, lanjut ke 30 menit sampai terbiasa, sampai akhirnya bisa ngurangin tidur 2 jam dalam sehari. Sama seperti cerita itu, ketika teman teman ingin latihan Being, mulai dari target kecil aja dulu. Biasakan selama seminggu dulu, baru kemudian naikkan dosisnya sedikit lagi. Begitu seterusnya.

Yang penting konsisten.
Kita ingin membentuk kebiasaan baru. Skill baru. Maka konsistensi itu penting. Sedikit sedikit asal konsisten, lama lama menjadi besar n kuat kebiasaannya… daripada karena saking semangatnya langsung kejar target besar, namun cuman bertahan selama beberapa hari saja n ga lanjut lagi, coz kitanya ga kuat, kitanya belum terbiasa.

Ajak bareng bareng teman tuk latihan bersama-sama.
Or ikut ke sebuah komunitas baru. Kalau dijalankan bareng pasti jadi lebih ringan. Sekarang sudah lebih mudah mencari teman tuk latihan sesuatu. Asal kita mau mencari, besar kemungkinan ada yg bersedia. Komunitas komunitas juga sekarang banyak tersedia… tinggal kita usaha mencarinya saja…

Dgn latihan bareng bareng bisa saling menguatkan, bisa tanya tanya misal ada problem, n bisa dapet jalan pintas coz belajar langsung dari orang yg sdh menguasai duluan. Ada banyak banget manfaat latihan bareng bareng dibanding latihan sendiri.

Buat papan skor.
Ini tips yg working banget di hidup saya. Dengan menggunakan papan skor, saya bisa lsg tahu progress saya sampai mana. Pikiran jadi lebih jelas berapa saya sudah menang n kalah. Apa yg saya harus lakukan tuk mencapai target. Juga berguna tuk bangun n menjaga momentum. Dengan adanya papan skor yg saya update setiap hari, saya terus menjaga momentum n semangat tuk terus latihan memperbaiki diri. (Laporan keuangan bisnis kita juga sebenarnya adalah papan skor bisnis kita)

Kalau jatuh bangun lagi.
Kita pasti bakal ada hari hari dimana kita ga ngerjain latihan, entah karena alasan apapun. Dan itu wajar sekali. Jika latihan diet, mungkin ada sesekali kita kebablasan makan makanan yg dilarang. But, it’s oke. Itu wajar. Yang penting bangun lagi. Lanjut lagi dietnya besok lagi. Jadikan pengalaman jatuh itu jadi pelajaran. Gimana caranya besok besok biar ga jatuh? Bikin system supaya ga jatuh lgi.

Be kind to your self.
Perlakukan diri anda dgn baik hati. Biasanya kalau kita gagal, kita jadi keras sama diri kita. Kita jadi menyesal thd diri kita, or bahkan mengutuk diri sendiri. Kenapa gw dengan bodohnya ngelakuin itu? Kenapa gw ga ngelakuin itu? Kenapa gw malah ngelakuin itu drpd latihan? Dll. Jangan terlalu keras pada diri anda. Sayangi diri anda sendiri. Cukup jadikan pelajaran kejadian tersebut n lanjut lagi besoknya. Kalau anda terlalu keras pada diri anda, yg ada hidup anda bakal ga enjoy. Di nikmati aja proses latihannya.

Baca buku “Growth Mindset” karangan Carol Dweck, PhD (sudah ada terjemahan bahasa Indonesianya).
Buku ini akan mengajarkan kita gimana menjadi tangguh. Gimana supaya kita tumbuh terus dan terus dan terus… buku ini akan mengubah mindset anda n membuat anda siap tuk latihan terus sepanjang hayat.

Pilih latihan yang bakal paling ngefek di hidup anda.
Kalau saya, latihan yang paling ngefek dihidup saya adalah latihan disiplin waktu. Coz waktu adalah hidup itu sendiri. Kalau saya bisa mempergunakan waktu dgn baik, saya bisa mempelajari / latihan skill lainnya dengan cepat.

Latihan lain mungkin bisa latihan rutin belajar, latihan olahraga, latihan keberanian n tanggung jawab, dll… Cari satu latihan yg kalau kita menguasainya, hidup kita berubah bumi n langit…

Belajar dari orang yg sdh menguasai.
Ini prinsip shortcut banget. Belajar dari orang yg sdh menguasai nya bakal jauh lebih cepat daripada trial n error sendiri. Makanya teman teman ikut kmb, coz mencari jalan pintas membangun usaha dari para mentor yg sdh berhasil.

Biasakan belajar langsung dari ahlinya untuk mempercepat proses.
Bayar kalau perlu. Kita bisa cari duit lagi, tapi waktu ga akan pernah bisa kembali lagi…

Baik… cukup segini dl aja tips n triknya… nanti di sambung lagi sharingnya… sedikit sedikit yg penting meresap…

Semoga bermanfaat 🙏🙏🙏
#withlove #latihanbeing
Adhe Alfan Nafi

Facebook Comments

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 5 =